Minggu, 20 November 2016

NICE HOMEWORK#5 BELAJAR CARANYA BELAJAR

Bismillahirrohmaanirrohiim...

Pada pekan ke lima kali ini tugas dari IIP ( dengan tema Belajar Caranya Belajar ) adalah membuat desain pembelajaran atau kurikulum ala kita.

Kurikulum ini saya namai ''Home Sweet Home Curriculum''. Saya ingin kurikulum yang saya desain ini dapat membuat saya dan keluarga menjadi pribadi yang lebih baik, terencana dan mempunyai target dalam hidup. Selama ini saya menyimpan rencana atau desain keluarga hanya di angan - angan. Memang saya akan menjalankan rencana tersebut, namun setelah ada tugas NHW#5 ini saya jadi lebih terbantu, ternyata lebih efektif dan mengena jika desain itu dibuat rancangannya secara tertulis. Lebih nyata dan memudahkan kita. 

Saya adalah seorang istri dan ibu dari anak perempuan berusia 5 tahun. Kurikulum yang saya buat ini saya sesuaikan dengan kondisi kami sekeluarga. Saling bersinergi dengan aktivitas keseharian masing - masing yang telah berjalan.

Untuk alokasi waktu dari kurikulum ini semua saya target tercapai sampai batas waktu dua tahun. 
Dan inilah, my costumsize curriculum...


‘’HOME  SWEET HOME CURRICULUM’’

1.         Program Bunda Sayang

Standart Kompetensi
Memahami dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai seorang ibu yang professional .

Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Keberhasilan
Strategi Belajar
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
1. Memahami ketauhidan dan kebesaran Alloh

a.   Mengetahui tentang keesaan Alloh
b.   Mengetahui makhluk – makhluk ciptaan Alloh
c.   Mengetahui nama – nama mulia Alloh
d.   Mengetahui fenomena alam yang terjadi atas kehendak  Alloh
a.   1. Anak paham bahwa Alloh itu satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan
b.   1.Anak dapat menyebutkan makhluk- makhluk ciptaan Alloh
2. Anak dapat membedakan antara ciptaan Alloh dan ciptaan manusia
3. Anaka dapat melafalkan dalam bahasa Inggris kosakata yang termasuk makhluk ciptaan Alloh dan ciptaan manusia
c.   1.Anak mengetahui nama –  nama mulia Alloh
2. Anak dapat menyebutkan 45 Asmaul Husna
d.   1.Anak dapat menyebutkan fenomena alam seperti hujan, kilat, petir dan gunung meletus
3. Anak dapat menyebutkan bahasa inggris dari fenomena alam di atas
1.   Meminta anak membacakan surat Al –Ikhlas dan kita yang menjelaskan artinya kepada anak dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak.
2.   Mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkan yang termasuk makhluk ciptaan Alloh dan ciptaan manusia.
3.   Meminta anak menanggapi benda benda yang kita sebutkan termasuk ciptaan Alloh atau manusia.
4.   Memberi tahu anak kosakata benda – benda dalam bahasa Inggris
5.   Menghafalkan Asmaul Husna (kebetulan sejalan dengan materi sekolah anak) dari 1-45.
6.   Mengajak anak berwisata lava tour merapi dan menjelaskan secara sederhana tentang fenomena gunung meletus.
7.   Meminta anak menyebutkan kosakata tentang fenomena alam dalam bahasa Inggris
1.  Juz Amma
2.  Lingkungan sekitar
3.  Buku Hafalan Sekolah
4.  Tempat wisata Lava Tour Merapi


2.   Memahami bahwa Rosululloh adalah idola dan suri teladan yang baik

a.   Mengenal sosok Nabi Muhammad
b.   Mengetahui sifat – sifat Nabi Muhammad
c.   Mengetahui beberapa cerita Nabi Muhammadtentang akhlakul karimahnya
d.   Mengetahui alasan mengapa Nabi Muhammad yang dijadiakan panutan dan idola
a.   Mengetahui nama ayah dan  ibu nabi
b.   Memahami beberapa sifat nabi
c.   Mengerti tentang beberapa kisah nabi
d.   Memahami bahwa nabi adalah idola dan suri teladan yang baik
1.   Menceritakan kisah –  kisah nabi termasuk sifat – sifat baik nabi Muhammad
2.   Memberi pertanyaan  setelah dibacakan buku kisah – kisah nabi
Dan Buku kisah – kisah nabi dan sahabat

3.   Menjjadi role mode berakhakul karimah

a.   Memahami perbuatan baik dan buruk
b.   Dapat berbicara baik terhadap siapapun
c.   Dapat bertingkah laku baik kepada siapapun
     
a.   Orang tua member contoh kepada anak tentang perbuatan baik dan sopan
b.   Anak mampu memahami beberapa perilaku baik dan buruk
c.   Anak mampu mengidentifikasi mana yang termasuk perbuatan baik dan buruk
d.   Anak dapat berperilaku santun dan saying kepada siapapun
e.   Anak tidak merasa malu jika berinteraksi dengan orang lain

a. Membacakan cerita yang ada kaitannya dengan perilaku baik dan buruk
b. Mengetahui tentang  sifat baik atau buruk pada seseorang
c. Dapat berperilaku baik, tidak kasar dan sopan terhadap siapapaun
d. Tidak malu jika harus berinteraksi dengan orang lain
Buku cerita

4.   Menguasai cara melatih keterampilan komunikasi

a.   Memahami cara berkomunikasi yang baik dengan sesama
b.   Membiasakan mengucapkan tolong maaf dan terima kasih
a.   Mampu berbicara yang baik dan sopan kepada siapapun
b.   Terbiasa mengucapkan kata tolong saat meminta bantuan kepada orang lain
c.   Terbiasa mengucapkan kata maaf jika telah berbuat salah
d.   Terbiasa mengucapkan kata terima kasih atas kebaikan orang lain
a. Memberitahu anak cara berkata yang baik
b. Melatih dan membiasakan  mengucapkan kata tolong saat meminta bantuan orang lain
c. Melatih dan membiasakan  mengucapkan kata maaf saat bebuat salah terhadap orang lain
d. Melatih dan membiasakan  mengucapkan kata terima kasih atas kebaikan orang lain
e. Membacakan buku tentang perbuatan dan perkataan yang baik

Lingkungan sekitar dan buku cerita

5.   Menguasai cara melatih kemandirian anak

a.   Memahami kemandirian anak usia 5 tahun saat di sekolah
b. Memahami kemandirian anak usia 5 tahun di rumah
a.   Anak tidak menangis di saat – saat tertentu (bangun tidur, berangkat ke sekolah, masuk sekolahan sendiri, jika terlambat sedikit untuk menjemput sekolah)
b.   Anak dapat melakukan kemandirian seperti (makan, memakai dan melepas baju, memakai dan melepas sepatu,menyiapkan peralatan sekolah, mandi, mengembalikan barang pada tempatnya)
c.   Anak dapat melakukan kemandirian di sekolah (masuk sekolah sendiri tanpa di antar, tidak ditunggu selama di sekolah,
a. Membiasakan dan memotivasi anak agar tidak menangis di saat - saat tertentu
b. Memberi reward saat anak dalam beberapa waktu tidak menangis di saat – saat tertentu
c. Membiasakan melakukan kemandirian saat di rumah, seperti mandiri ketika makan, mandi, memakai baju dll)
d. Memberikan reward ketika dalam kurun
waktu yang ditentukan anak dapat mandiri terus menerus
e. Mendongeng tentang kemandirian
1. Lingkungan rumah dan sekolah
2. Buku cerita

6.   Menguasai ilmu tentang temu bakat anak

a.   Mengetahui jenis – jenis kecerdasan pada anak (multiple intelegence)
b.   Memberikan variasi kegiatan untuk menemukan bakat anak
c.   Mengetahui bakat masing – masing anak
d.   Mengembangkan bakat yang dimiliki anak
a.   Memahami bahwa setiap anak itu unik dan memahami beberapa kecerdasan yang dimiliki anak.
b.   Anak dapat menemukan bakatnya dengan bimbingan orang tua
c.   Dapat mengembangkan bakat anak sesuai bidangnya
d.   Anak nyaman dan senang menjalani aktivitas yang berkaitan dengan temu bakatnya
a. Membaca buku parenting dan juga tentang multiple intelegence
b. Mengikutkan anak tes finger print untuk memudahkan orang tua menemukan minat dan bakatnya
c. Memberikan berbagai macam aktivitas kepada anak (olah raga, mewarnai, matematika)
d. Menyediakan sarana dan prasarana untuk menunjang penemuan bakatnya
a. Buku buku parenting
b. Buku atau link2 di internet tentang multiple intelegence
c. Tes finger print
d. Guru les mewarnai
e. Buku latihan soal matematika
f.  Crayon dan cat air


2.     Program Bunda Cekatan

Standart Kompetensi :
Memahami dan terampil menjalankan perannya sebagai individu, istri dan ibu

Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Keberhasilan
Strategi Belajar
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
1.     Mengetahui dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai seorang individu
a.   Memahami kewajiban sebagai seorang individu (hablum Minnalloh dan hablum minannaas)
b.   Memahami dan dapat menerapkan beberapa jenis ilmu (agama, parenting, bahasa, memasak dll)
a.  Ibu dapat melaksanakan ibadah wajib dan sunnah dengan target tertentu
b.  Ibu dapat belajar ilmu agama dari berbagai sumber, memahami dan mengamalkannya.
c.   Ibu dapat berperan aktif di lingkungan
d. Ibu mengetahui ilmu –ilmu yang berkaitan dengan parenting, bahasa, memasak dll
1.  Membiasakan beribadah sesauai dengan target yang telah ditentukan
2.  Membaca sumber ilmu baik dari buku ataupun dari media elektronik
3.  Mengikuti kegiatan positif yang ada di lingkungan
4.  Mempraktekkan ilmu yang sudah didapatkan
a.   Checklist kegiatan harian
b.   Berbagai jenis buku
c.   Berbagai jenis artikel di media elektronik
d.  Lingkungan sekitar
e.   Al – Qur’andan terjemahannya
f.    Dapur

2.     Mengetahui dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai istri
Memahami kewajiban – kewajiban seorang istri terhadap suami

a.  Terampil mengurus suami dan rumah tangga
b.  Taat dan patuh pada suami
c.  Dapat menyediakan waktu untuk menemani suami di saat istirahat dan makan
d. Memperhatikan kesehatan suami
1.  Membaca sumber – sumber ilmu tentang mengurus rumah tangga
2.  Mengikuti kajian tentang keluarga
3.  Berusaha senantiasa patuh terhadap suami
4.  Berusaha menyediakan waktu untuk menemani suami
5.  Rutin mengecek kadar asam urat suami minimal sebulan sekali
6.  Memantaui berat badan suami
7.  Menyediakan menu sehat untuk suami
a.   Buku – buku
b.   Penceramah atau nara sumber
c.   Alat pengecek kadar asam urat


3.     Mengetahui dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai ibu
Memahami kewajiban – kewajiban seorang ibu
a.  Dapat mendampingi anak di hampir setiap aktivitasnya
b.  Memenuhi kebutuhan pangan dan memperhatikan kecukupan gizinya.
c.  Memperhatikan tumbuh kembang anak baik secara jasmani maupun rohani
a.  Berusaha menyediakan waktu untuk membersamai anak
b.  Belajar memasak dan mencoba menu – menu baru yang sehat
c.  Memantau perkembangan hafalan dan kemajuan belajar anak
d.  Memantau tumbuh kembang badan anak ( mengukur berat badan, tinggi dan lingkar kepalanya)
a.   Lingkungan rumah
b.   Dapur
c.   Buku atau media elektronik tentang resep masakan
d.  Meterean, timbangan badan



3.     Program Bunda Produktif

Standart Kompetensi :
Melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan uang

Kompetensi Dasar

Hasil Belajar
Indikator Keberhasilan
Strategi Belajar
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
1.   Menciptakan suatu kegiatan yang dapat menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan anak
a.   Memulai usaha sesuai dengan passionnya tanpa harus meninggalkan anak
b.  Memperoleh penghasilan dari kegiatan usaha
1.  Dapat menemukan usaha yang sesuai dengan passionnya
2.  Menghasilkan uang dari hasil kegiatan usaha
3.  Mengetahui cara berniaga yang baik sesuai dengan syariat
4.  Dapat mengelola usaha dengan baik
a. Mencari tau (bisa dengan cara berdiskusi, mengikuti tes bakat) tentang passion kita
b. Memilih salah satu usaha yang sesuai dengan passionnya
c. Membaca peluang usaha di sekitar
d.  Membaca buku tentang cara membuka usaha
e. Mengikuti seminar wirausahawan
f.  Belajar tentang neraca keuangan
1. Buku
2. Nara sumber

2.   Mencukupi kebutuhan sekunder dengan laba hasil usaha
 Membeli kebutuhan sekunder keluarga dengan uang hasil usaha

Dapat membeli kebutuhan sekunder dari laba hasil usaha
Belajar bagaimana caranya berwira usaha dengan baik dan mengahsilkan laba sesaui prinsip ekonomi
Buku
Narasumber

3.   Memahami pembukuan keuangan yang baik
Memahami tentang pembukukan administrasi keuangan yang  rajin dan rapi
Dapat membuat pembukuan yang rajin dan rapi
Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang masuk ( tertib  dalam pembukuan)
Buku

4.   Menciptakan lapangan kerja baru
Merekrut satu atau dua orang untuk memperlancar kegiatan usaha
Dapat mempekerjakan minimal satu orang untuk membantu menjalankan usaha kita
a.   Mengembangkan usaha
b.   Merekrut orang untuk membantu menjalankan usaha



4.     Program Bunda Shaleha

Standart Kompetensi :
Melakukan peran aktif di lingkungan dalam rangka meningkatkan taraf berfikir masyarakat sekitar terutama para ibu.

Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Keberhasilan
Strategi Belajar
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
Memberikan pemahaman yang baik tentang pendidikan dan kewajiban kita sebagai ibu, istri dan individu
1.   Memahami hakekat penciptaan manusia di muka bumi
2.   Memahami peran ibu sebagai individu, istri dan ibu

1.  Banyak orang yang semakin tercerahkan tentang hakekat hidup dan penciptaan manusia di muka bumi
2.  Masyarakat semakin agamis
3.  Masyarakat semakin suka menghadiri majelis ilmu
4.  Ibu semakin paham perannya
5.  Minimnya anak yang salah pergaulan

1.   Memberikan wacana tentang pemateri untuk dihadirkan di acara pengajian di lingkungan
2.   Memberi contoh yang baik bagaimana menjadi manusia yang baik
3.   Memberikan masukan tentang acara majlis ilmu yang rutin diadakan
4.   Mengajak masyarakat mengadiri majelis ilmu
5.   Menyisihkan dana untuk lebih meramaikan majelis ilmu misalnya dengan memberikan hadiah atau barang – barang yang layak pakai
1.   Lingkungan
2.   Buku
3.   narasumber



Tidak ada komentar:

Posting Komentar