Bismillahirrohmaanirrohiim...
Pada pekan ke lima kali ini tugas dari IIP ( dengan tema Belajar Caranya Belajar ) adalah membuat desain pembelajaran atau kurikulum ala kita.
Kurikulum ini saya namai ''Home Sweet Home Curriculum''. Saya ingin kurikulum yang saya desain ini dapat membuat saya dan keluarga menjadi pribadi yang lebih baik, terencana dan mempunyai target dalam hidup. Selama ini saya menyimpan rencana atau desain keluarga hanya di angan - angan. Memang saya akan menjalankan rencana tersebut, namun setelah ada tugas NHW#5 ini saya jadi lebih terbantu, ternyata lebih efektif dan mengena jika desain itu dibuat rancangannya secara tertulis. Lebih nyata dan memudahkan kita.
Saya adalah seorang istri dan ibu dari anak perempuan berusia 5 tahun. Kurikulum yang saya buat ini saya sesuaikan dengan kondisi kami sekeluarga. Saling bersinergi dengan aktivitas keseharian masing - masing yang telah berjalan.
Untuk alokasi waktu dari kurikulum ini semua saya target tercapai sampai batas waktu dua tahun.
Dan inilah, my costumsize curriculum...
Saya adalah seorang istri dan ibu dari anak perempuan berusia 5 tahun. Kurikulum yang saya buat ini saya sesuaikan dengan kondisi kami sekeluarga. Saling bersinergi dengan aktivitas keseharian masing - masing yang telah berjalan.
Untuk alokasi waktu dari kurikulum ini semua saya target tercapai sampai batas waktu dua tahun.
Dan inilah, my costumsize curriculum...
‘’HOME
SWEET HOME CURRICULUM’’
1.
Program
Bunda Sayang
Standart
Kompetensi
Memahami dan terampil dalam
menjalankan perannya sebagai seorang ibu yang professional .
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
Keberhasilan
|
Strategi Belajar
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1.
Memahami
ketauhidan dan kebesaran Alloh
|
a.
Mengetahui
tentang keesaan Alloh
b.
Mengetahui
makhluk – makhluk ciptaan Alloh
c.
Mengetahui
nama – nama mulia Alloh
d.
Mengetahui
fenomena alam yang terjadi atas kehendak
Alloh
|
a.
1.
Anak paham bahwa Alloh itu satu, tidak beranak dan tidak diperanakkan
b.
1.Anak
dapat menyebutkan makhluk- makhluk ciptaan Alloh
2.
Anak
dapat membedakan antara ciptaan Alloh dan ciptaan manusia
3.
Anaka
dapat melafalkan dalam bahasa Inggris kosakata yang termasuk makhluk ciptaan
Alloh dan ciptaan manusia
c.
1.Anak
mengetahui nama – nama mulia Alloh
2.
Anak
dapat menyebutkan 45 Asmaul Husna
d.
1.Anak
dapat menyebutkan fenomena alam seperti hujan, kilat, petir dan gunung
meletus
3.
Anak
dapat menyebutkan bahasa inggris dari fenomena alam di atas
|
1.
Meminta
anak membacakan surat Al –Ikhlas dan kita yang menjelaskan artinya kepada
anak dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak.
2.
Mengamati
lingkungan sekitar dan menyebutkan yang termasuk makhluk ciptaan Alloh dan
ciptaan manusia.
3.
Meminta
anak menanggapi benda benda yang kita sebutkan termasuk ciptaan Alloh atau
manusia.
4.
Memberi
tahu anak kosakata benda – benda dalam bahasa Inggris
5.
Menghafalkan
Asmaul Husna (kebetulan sejalan dengan materi sekolah anak) dari 1-45.
6.
Mengajak
anak berwisata lava tour merapi dan menjelaskan secara sederhana tentang
fenomena gunung meletus.
7.
Meminta
anak menyebutkan kosakata tentang fenomena alam dalam bahasa Inggris
|
1.
Juz
Amma
2.
Lingkungan
sekitar
3.
Buku
Hafalan Sekolah
4.
Tempat
wisata Lava Tour Merapi
|
|
2.
Memahami
bahwa Rosululloh adalah idola dan suri teladan yang baik
|
a.
Mengenal
sosok Nabi Muhammad
b.
Mengetahui
sifat – sifat Nabi Muhammad
c.
Mengetahui
beberapa cerita Nabi Muhammadtentang akhlakul karimahnya
d.
Mengetahui
alasan mengapa Nabi Muhammad yang dijadiakan panutan dan idola
|
a.
Mengetahui
nama ayah dan ibu nabi
b.
Memahami
beberapa sifat nabi
c.
Mengerti
tentang beberapa kisah nabi
d.
Memahami
bahwa nabi adalah idola dan suri teladan yang baik
|
1.
Menceritakan
kisah – kisah nabi termasuk sifat –
sifat baik nabi Muhammad
2.
Memberi
pertanyaan setelah dibacakan buku
kisah – kisah nabi
|
Dan
Buku kisah – kisah nabi dan sahabat
|
|
3.
Menjjadi
role mode berakhakul karimah
|
a.
Memahami
perbuatan baik dan buruk
b.
Dapat
berbicara baik terhadap siapapun
c.
Dapat
bertingkah laku baik kepada siapapun
|
a.
Orang
tua member contoh kepada anak tentang perbuatan baik dan sopan
b.
Anak
mampu memahami beberapa perilaku baik dan buruk
c.
Anak
mampu mengidentifikasi mana yang termasuk perbuatan baik dan buruk
d.
Anak
dapat berperilaku santun dan saying kepada siapapun
e.
Anak
tidak merasa malu jika berinteraksi dengan orang lain
|
a.
Membacakan
cerita yang ada kaitannya dengan perilaku baik dan buruk
b.
Mengetahui
tentang sifat baik atau buruk pada
seseorang
c.
Dapat
berperilaku baik, tidak kasar dan sopan terhadap siapapaun
d.
Tidak
malu jika harus berinteraksi dengan orang lain
|
Buku
cerita
|
|
4.
Menguasai
cara melatih keterampilan komunikasi
|
a.
Memahami
cara berkomunikasi yang baik dengan sesama
b.
Membiasakan
mengucapkan tolong maaf dan terima kasih
|
a.
Mampu
berbicara yang baik dan sopan kepada siapapun
b.
Terbiasa
mengucapkan kata tolong saat meminta bantuan kepada orang lain
c.
Terbiasa
mengucapkan kata maaf jika telah berbuat salah
d.
Terbiasa
mengucapkan kata terima kasih atas kebaikan orang lain
|
a.
Memberitahu
anak cara berkata yang baik
b.
Melatih
dan membiasakan mengucapkan kata
tolong saat meminta bantuan orang lain
c.
Melatih
dan membiasakan mengucapkan kata maaf
saat bebuat salah terhadap orang lain
d.
Melatih
dan membiasakan mengucapkan kata
terima kasih atas kebaikan orang lain
e.
Membacakan
buku tentang perbuatan dan perkataan yang baik
|
Lingkungan
sekitar dan buku cerita
|
|
5.
Menguasai
cara melatih kemandirian anak
|
a.
Memahami
kemandirian anak usia 5 tahun saat di sekolah
b.
Memahami
kemandirian anak usia 5 tahun di rumah
|
a.
Anak
tidak menangis di saat – saat tertentu (bangun tidur, berangkat ke sekolah,
masuk sekolahan sendiri, jika terlambat sedikit untuk menjemput sekolah)
b.
Anak
dapat melakukan kemandirian seperti (makan, memakai dan melepas baju, memakai
dan melepas sepatu,menyiapkan peralatan sekolah, mandi, mengembalikan barang
pada tempatnya)
c.
Anak
dapat melakukan kemandirian di sekolah (masuk sekolah sendiri tanpa di antar,
tidak ditunggu selama di sekolah,
|
a.
Membiasakan
dan memotivasi anak agar tidak menangis di saat - saat tertentu
b.
Memberi
reward saat anak dalam beberapa waktu tidak menangis di saat – saat tertentu
c.
Membiasakan
melakukan kemandirian saat di rumah, seperti mandiri ketika makan, mandi,
memakai baju dll)
d.
Memberikan
reward ketika dalam kurun
waktu yang
ditentukan anak dapat mandiri terus menerus
e.
Mendongeng
tentang kemandirian
|
1.
Lingkungan
rumah dan sekolah
2.
Buku
cerita
|
|
6.
Menguasai
ilmu tentang temu bakat anak
|
a.
Mengetahui
jenis – jenis kecerdasan pada anak (multiple intelegence)
b.
Memberikan
variasi kegiatan untuk menemukan bakat anak
c.
Mengetahui
bakat masing – masing anak
d.
Mengembangkan
bakat yang dimiliki anak
|
a.
Memahami
bahwa setiap anak itu unik dan memahami beberapa kecerdasan yang dimiliki
anak.
b.
Anak
dapat menemukan bakatnya dengan bimbingan orang tua
c.
Dapat
mengembangkan bakat anak sesuai bidangnya
d.
Anak
nyaman dan senang menjalani aktivitas yang berkaitan dengan temu bakatnya
|
a.
Membaca
buku parenting dan juga tentang multiple intelegence
b.
Mengikutkan
anak tes finger print untuk memudahkan orang tua menemukan minat dan bakatnya
c.
Memberikan
berbagai macam aktivitas kepada anak (olah raga, mewarnai, matematika)
d.
Menyediakan
sarana dan prasarana untuk menunjang penemuan bakatnya
|
a.
Buku
buku parenting
b.
Buku
atau link2 di internet tentang multiple intelegence
c.
Tes
finger print
d.
Guru
les mewarnai
e.
Buku
latihan soal matematika
f.
Crayon
dan cat air
|
2. Program Bunda Cekatan
Standart Kompetensi :
Memahami dan terampil
menjalankan perannya sebagai individu, istri dan ibu
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
Keberhasilan
|
Strategi Belajar
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1.
Mengetahui
dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai seorang individu
|
a.
Memahami
kewajiban sebagai seorang individu (hablum Minnalloh dan hablum minannaas)
b.
Memahami
dan dapat menerapkan beberapa jenis ilmu (agama, parenting, bahasa, memasak
dll)
|
a.
Ibu
dapat melaksanakan ibadah wajib dan sunnah dengan target tertentu
b.
Ibu
dapat belajar ilmu agama dari berbagai sumber, memahami dan mengamalkannya.
c.
Ibu dapat berperan aktif di lingkungan
d.
Ibu
mengetahui ilmu –ilmu yang berkaitan dengan parenting, bahasa, memasak dll
|
1.
Membiasakan
beribadah sesauai dengan target yang telah ditentukan
2.
Membaca
sumber ilmu baik dari buku ataupun dari media elektronik
3.
Mengikuti
kegiatan positif yang ada di lingkungan
4.
Mempraktekkan
ilmu yang sudah didapatkan
|
a.
Checklist
kegiatan harian
b.
Berbagai
jenis buku
c.
Berbagai
jenis artikel di media elektronik
d.
Lingkungan
sekitar
e.
Al
– Qur’andan terjemahannya
f.
Dapur
|
|
2.
Mengetahui
dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai istri
|
Memahami
kewajiban – kewajiban seorang istri terhadap suami
|
a.
Terampil
mengurus suami dan rumah tangga
b.
Taat
dan patuh pada suami
c.
Dapat
menyediakan waktu untuk menemani suami di saat istirahat dan makan
d.
Memperhatikan
kesehatan suami
|
1.
Membaca
sumber – sumber ilmu tentang mengurus rumah tangga
2.
Mengikuti
kajian tentang keluarga
3.
Berusaha
senantiasa patuh terhadap suami
4.
Berusaha
menyediakan waktu untuk menemani suami
5.
Rutin
mengecek kadar asam urat suami minimal sebulan sekali
6.
Memantaui
berat badan suami
7.
Menyediakan
menu sehat untuk suami
|
a.
Buku
– buku
b.
Penceramah
atau nara sumber
c.
Alat
pengecek kadar asam urat
|
|
3.
Mengetahui
dan terampil dalam menjalankan perannya sebagai ibu
|
Memahami
kewajiban – kewajiban seorang ibu
|
a.
Dapat
mendampingi anak di hampir setiap aktivitasnya
b.
Memenuhi
kebutuhan pangan dan memperhatikan kecukupan gizinya.
c.
Memperhatikan
tumbuh kembang anak baik secara jasmani maupun rohani
|
a.
Berusaha
menyediakan waktu untuk membersamai anak
b.
Belajar
memasak dan mencoba menu – menu baru yang sehat
c.
Memantau
perkembangan hafalan dan kemajuan belajar anak
d.
Memantau
tumbuh kembang badan anak ( mengukur berat badan, tinggi dan lingkar
kepalanya)
|
a.
Lingkungan
rumah
b.
Dapur
c.
Buku
atau media elektronik tentang resep masakan
d.
Meterean,
timbangan badan
|
3. Program Bunda Produktif
Standart Kompetensi :
Melakukan kegiatan
yang dapat menghasilkan uang
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
Keberhasilan
|
Strategi Belajar
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1.
Menciptakan
suatu kegiatan yang dapat menghasilkan uang tanpa harus meninggalkan anak
|
a.
Memulai usaha sesuai dengan passionnya tanpa
harus meninggalkan anak
b.
Memperoleh
penghasilan dari kegiatan usaha
|
1.
Dapat
menemukan usaha yang sesuai dengan passionnya
2.
Menghasilkan
uang dari hasil kegiatan usaha
3.
Mengetahui
cara berniaga yang baik sesuai dengan syariat
4.
Dapat
mengelola usaha dengan baik
|
a.
Mencari
tau (bisa dengan cara berdiskusi, mengikuti tes bakat) tentang passion kita
b.
Memilih
salah satu usaha yang sesuai dengan passionnya
c.
Membaca
peluang usaha di sekitar
d.
Membaca buku tentang cara membuka usaha
e.
Mengikuti
seminar wirausahawan
f.
Belajar
tentang neraca keuangan
|
1.
Buku
2.
Nara
sumber
|
|
2.
Mencukupi
kebutuhan sekunder dengan laba hasil usaha
|
Membeli kebutuhan sekunder keluarga dengan
uang hasil usaha
|
Dapat
membeli kebutuhan sekunder dari laba hasil usaha
|
Belajar
bagaimana caranya berwira usaha dengan baik dan mengahsilkan laba sesaui
prinsip ekonomi
|
Buku
Narasumber
|
|
3.
Memahami
pembukuan keuangan yang baik
|
Memahami tentang pembukukan administrasi
keuangan yang rajin dan rapi
|
Dapat
membuat pembukuan yang rajin dan rapi
|
Mencatat
setiap pemasukan dan pengeluaran yang masuk ( tertib dalam pembukuan)
|
Buku
|
|
4.
Menciptakan
lapangan kerja baru
|
Merekrut satu atau
dua orang untuk memperlancar kegiatan usaha
|
Dapat mempekerjakan
minimal satu orang untuk membantu menjalankan usaha kita
|
a.
Mengembangkan
usaha
b.
Merekrut
orang untuk membantu menjalankan usaha
|
4.
Program
Bunda Shaleha
Standart Kompetensi :
Melakukan peran aktif di lingkungan dalam rangka
meningkatkan taraf berfikir masyarakat sekitar terutama para ibu.
Kompetensi Dasar
|
Hasil Belajar
|
Indikator
Keberhasilan
|
Strategi Belajar
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
Memberikan pemahaman
yang baik tentang pendidikan dan kewajiban kita sebagai ibu, istri dan
individu
|
1.
Memahami
hakekat penciptaan manusia di muka bumi
2.
Memahami
peran ibu sebagai individu, istri dan ibu
|
1.
Banyak
orang yang semakin tercerahkan tentang hakekat hidup dan penciptaan manusia
di muka bumi
2.
Masyarakat
semakin agamis
3.
Masyarakat
semakin suka menghadiri majelis ilmu
4.
Ibu
semakin paham perannya
5.
Minimnya
anak yang salah pergaulan
|
1.
Memberikan
wacana tentang pemateri untuk dihadirkan di acara pengajian di lingkungan
2.
Memberi
contoh yang baik bagaimana menjadi manusia yang baik
3.
Memberikan
masukan tentang acara majlis ilmu yang rutin diadakan
4.
Mengajak
masyarakat mengadiri majelis ilmu
5.
Menyisihkan
dana untuk lebih meramaikan majelis ilmu misalnya dengan memberikan hadiah
atau barang – barang yang layak pakai
|
1.
Lingkungan
2.
Buku
3.
narasumber
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar